Skenario Pembelajaran
Guru : selamat pagi anak-anak, sebelum kita memulai pelajaran kita, mari
kita awali dgn doa, baik silahkan yang bertugas untuk maju kedepan memimpin
kita dalam doa.
Siswa (Marta) : baik saya bu (berdoa)
Guru :
baik, ibu absen dulu ya. Alqo , Marta, Nadila, dan Ria.
Guru : siapkan lembaran dan simpan
buku-bukunya terlebih dahulu. Pagi ini ibu akan mengetes kalian apakah malam tadi ada
yang sudah belajar mengenai materi kita pada hari ini. Pagi ini kita pretes ya.
Ibu akan berikan waktu 10 menit untuk menjawab soal tersebut.
Siswa : baik bu
(Pretes)
Guru : ayo kumpulkan.
Siswa : baik bu
Guru : sudah siap belajar. minggu
lalu, kita sudah belajar tentang definisi koloid beserta jenis – jenisnya. Ada
yang masih ingat, apa yang dimaksud dengan koloid ?
Siswa
(Nadila) : saya bu. Koloid adalah campuran heterogen dari
dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat berukuran antara 1 hingga 1000
nm terdispersi (tersebar) merata dalam medium zat lain.
Guru : iya, betul. Nah pada materi
kita kali ini merupakan materi lanjutan dari pembelajaran kemaren. Pada
pertemuan sebelumnya Ibu sudah sedikit menyinggung tentang materi kita pada
pagi ini. Kira-kira ada yang tau apa topik kita pada hari ini ?
Siswa : tau bu, sifat-sifat koloid bu.
Guru : iya benar sekali. Coba
sebutkan apa saja sifat-sifat koloid.
Siswa(semua) : efek tyndall,, gerak brown,
elektroforesis, adsorbsi, dan koagulaasi, koloid pelndung, dialisis
Guru : benar sekali. Nah disini
ibu akan memaparkan suatu fenomena yang berkaitan dengan materi
pembelajaran yaitu sifat koloid ada 5
efek tyndall,, gerak brown, elektroforesis, adsorbsi, dan koagulaasi. Pada efek tyndall juga terjadi pada kehidupan
sehari – hari dapat kita amati seperti dibioskop jika ada asap mengepul maka
cahaya dari cahaya proyektor akan terlihat lebih terang, yang kedua terjadi
didaerah berkabut, sorot lampu mobil terlihat lebih jelas dan sebagainya.
Nah pada pembelajar ini,
diharapkan siswa mampu untuk mengetahuan
sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Cakupan materi kita pada
hari ini yaitu sifat-sifat koloid dan
penenrapannya
Baik. Disini ibu akan
membagikan kalian dalam beberpa kelompok.
Silahkan dilihat
LKSnya, kerjakan secara berkelompok, kalau ada yang kurang mengerti silahkan
diperdebatkan dalam kelompok.
Siswa :
baik bu.
Guru :
ada pertanyaan ? atau ada yang masih
belum mengerti ?
Siswa (marta) :
saya bu, bu mengapa gerak Brown berupa gerakan zig-zag?
Guru :
nah, siapa yang bisa menjawab dari pertanyaan temannya tadi.?
Siswa (Ria) :
saya bu. Gerakan zig-zag terjadi karena
partikel koloid akan tampak sebagai titik cahaya kecil sesuai dengan sifatnya
yang menghamburkan cahaya. Jika pergerakan partikel ini diikuti, maka partikel
bergerak terus-menerus dengan gerakan zig-zag.
Guru :
iya bagus, tapi masih belum mendekati ya. Mm.. ada lagi yang lain ?
Siswa
(alqo) : saya bu, gerak brown berupa gerakan zig-zag karena tumbukan terjadi dari segala
arah. Dengan ukuran partikel yang cenderung kecil, tumbukan-tumbukan itu
menghasilkan resultan tumbukan yang tidak seimbang. Hal itu menyebabkan
perubahan arah partikel koloid sehingga gerakannya acak.
Guru : iya benar. Apayg disampakan
oleh teman2 kalian tadi sudah benar ya. Pada dasarnya, partikel-partikel semua zat selalu
bergerak. Gerakan ini bisa berupa gerakan acak untuk partikel-partikel zat cair
dan gas, sedangkan partikel-partikel zat padat hanya bervibrasi di tempat.
Untuk sistem koloid dengan medium pendispersi zat cair atau gas, pergerakan
partikel-partikelnya akan mengakibatkan tumbukan antara partikel-partikel itu
dengan partikel-partikel medium pendispersi. Tumbukan tersebut terjadi dari
segala arah. Dengan ukuran partikel yang cenderung kecil, tumbukan-tumbukan itu
menghasilkan resultan tumbukan yang tidak seimbang. Hal itu menyebabkan
perubahan arah partikel koloid sehingga gerakannya acak.
Ada
lagi pertanyaan ?
Siswa :
tidak ada bu.
Guru : baik silahkan lanjutkan
diskusinya. Ibu kasih
waktu 30 menit untuk mengerjakannya.
(Diskusi
dalam kelompok)
Guru : baik waktunya sudah habis ya,
kita undi kelompok siapa yg maju. Dan ternyata yg maju adalah kelompok .......
Siswa(ria,alqo)
: baik trimkasih atas kesempatanya. Menurut kelompok kami .............
Guru : beri A+ untuk kelompok yg
maju.. nah siapa yg ingin menanggapi...
Siswa : ...................................
Guru : selanjutnya untuk kelompok
berikutnya ............................................
Siswa(marta,nadila) : menurut kelompok kami
........................................................
Guru : beri A+ untuk kelompok yg
maju. nah siapa yg ingin menanggapi....
Siswa : ..............................
Guru : kumpulkan LKS nya. untuk soal yang terakhir kita jawab sama-sama
ya..
Siswa : baik bu...........
(Jawab
soal tabel dipapan tulis)
Guru : baik. Simpan semua bukunya.
Kita postes . ibu kasih waktu 7 menit untuk mengerjakannya
Siswa : baik bu.
Guru : kumpulkan. Nah dari
pembelajarn kita tadi siapa yang dapat menyimpulkan?
Siswa(nadila) : saya bu, sifat-sifat koloid ada 5 bu, efek
tyndall, gerak brown, elektroforesis, adsorpsi, dan koagulasi. Efek Tyndall adalah terhamburnya cahaya oleh partikel koloid. Contohnya
: Pada sore hari munculnya warna biru dan jingga
Siswa(marta) :
Gerak Brown adalah gerakan partikel
koloid dengan lintasan lurus dan arah yang acak. Contohnya adalah susu.
Siswa(alqo) :
Adsorpsi adalah peristiwa penyerapan
muatan oleh permukaan-permukaan partikel koloid. Contohnya Penjernihan air
dengan menggunakan tawas
Siswa(ria) :
Koagulasi adalah peristiwa
penggumpalan partikel koloid. Contohnya pengolahan karet dengan lateks. Elektroforesis adalah Peristiwa
bergeraknya partikel koloid dalam medan listrik. Contohnya identifikasi DNA.
Guru :
iya benar. Sifat-sifat logam ...............................
baik
pembelajaran ibu akhiri smpai disini. Mnggu depan kita akan masuk materi yang
baru. Tolong dipelajari ya. Baik kita akhiri dggn doa yang dipinpin oleh
petugas............ selamat siang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar