Rabu, 25 April 2018

Skenario Pembelajaran sistem koloid

Skenario Pembelajaran
Guru               : selamat pagi anak-anak, sebelum kita memulai pelajaran kita, mari kita awali dgn doa, baik silahkan yang bertugas untuk maju kedepan memimpin kita dalam doa.
Siswa (Marta) : baik saya bu (berdoa)
Guru                : baik, ibu absen dulu ya. Alqo , Marta, Nadila, dan Ria.
Guru                : siapkan lembaran dan simpan buku-bukunya terlebih dahulu. Pagi ini ibu  akan mengetes kalian apakah malam tadi ada yang sudah belajar mengenai materi kita pada hari ini. Pagi ini kita pretes ya. Ibu akan berikan waktu 10 menit untuk menjawab soal tersebut.
Siswa              : baik bu
(Pretes)
Guru                : ayo kumpulkan.
Siswa              : baik bu
Guru                : sudah siap belajar. minggu lalu, kita sudah belajar tentang definisi koloid beserta jenis – jenisnya. Ada yang masih ingat, apa yang dimaksud dengan koloid ?
Siswa (Nadila)            : saya bu. Koloid adalah campuran heterogen dari dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat berukuran antara 1 hingga 1000 nm terdispersi (tersebar) merata dalam medium zat lain.
Guru                : iya, betul. Nah pada materi kita kali ini merupakan materi lanjutan dari pembelajaran kemaren. Pada pertemuan sebelumnya Ibu sudah sedikit menyinggung tentang materi kita pada pagi ini. Kira-kira ada yang tau apa topik kita pada hari ini ?
Siswa              : tau bu, sifat-sifat koloid bu.
Guru                : iya benar sekali. Coba sebutkan apa saja sifat-sifat koloid.
Siswa(semua)  :  efek tyndall,, gerak brown, elektroforesis, adsorbsi, dan koagulaasi, koloid pelndung, dialisis
Guru                : benar sekali. Nah disini ibu akan memaparkan suatu fenomena yang berkaitan dengan materi pembelajaran  yaitu sifat koloid ada 5 efek tyndall,, gerak brown, elektroforesis, adsorbsi, dan koagulaasi.  Pada efek tyndall juga terjadi pada kehidupan sehari – hari dapat kita amati seperti dibioskop jika ada asap mengepul maka cahaya dari cahaya proyektor akan terlihat lebih terang, yang kedua terjadi didaerah berkabut, sorot lampu mobil terlihat lebih jelas dan sebagainya.
                        Nah pada pembelajar ini, diharapkan siswa mampu untuk mengetahuan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
                        Cakupan materi kita pada hari ini yaitu sifat-sifat koloid dan penenrapannya
                        Baik. Disini ibu akan membagikan kalian dalam beberpa kelompok.
Silahkan dilihat LKSnya, kerjakan secara berkelompok, kalau ada yang kurang mengerti silahkan diperdebatkan dalam kelompok.
Siswa               : baik bu.
Guru                : ada pertanyaan ?  atau ada yang masih belum mengerti ?
Siswa (marta) : saya bu, bu mengapa gerak Brown berupa gerakan zig-zag?
Guru                : nah, siapa yang bisa menjawab dari pertanyaan temannya tadi.?
Siswa (Ria)      : saya bu. Gerakan zig-zag terjadi karena partikel koloid akan tampak sebagai titik cahaya kecil sesuai dengan sifatnya yang menghamburkan cahaya. Jika pergerakan partikel ini diikuti, maka partikel bergerak terus-menerus dengan gerakan zig-zag.
Guru                : iya bagus, tapi masih belum mendekati ya. Mm.. ada lagi yang lain ?
Siswa (alqo)    : saya bu, gerak brown berupa gerakan zig-zag karena tumbukan terjadi dari segala arah. Dengan ukuran partikel yang cenderung kecil, tumbukan-tumbukan itu menghasilkan resultan tumbukan yang tidak seimbang. Hal itu menyebabkan perubahan arah partikel koloid sehingga gerakannya acak.
Guru                : iya benar. Apayg disampakan oleh teman2 kalian tadi sudah benar ya.  Pada dasarnya, partikel-partikel semua zat selalu bergerak. Gerakan ini bisa berupa gerakan acak untuk partikel-partikel zat cair dan gas, sedangkan partikel-partikel zat padat hanya bervibrasi di tempat. Untuk sistem koloid dengan medium pendispersi zat cair atau gas, pergerakan partikel-partikelnya akan mengakibatkan tumbukan antara partikel-partikel itu dengan partikel-partikel medium pendispersi. Tumbukan tersebut terjadi dari segala arah. Dengan ukuran partikel yang cenderung kecil, tumbukan-tumbukan itu menghasilkan resultan tumbukan yang tidak seimbang. Hal itu menyebabkan perubahan arah partikel koloid sehingga gerakannya acak.
                        Ada lagi pertanyaan ?
Siswa               : tidak ada bu.
Guru                : baik silahkan lanjutkan diskusinya. Ibu  kasih waktu 30 menit untuk mengerjakannya.
(Diskusi dalam kelompok)
Guru                : baik waktunya sudah habis ya, kita undi kelompok siapa yg maju. Dan ternyata yg maju adalah  kelompok .......
Siswa(ria,alqo) : baik trimkasih atas kesempatanya. Menurut kelompok kami .............
Guru                : beri A+ untuk kelompok yg maju.. nah siapa yg ingin menanggapi...
Siswa               : ...................................
Guru                : selanjutnya untuk kelompok berikutnya ............................................
Siswa(marta,nadila)    : menurut kelompok kami ........................................................
Guru                : beri A+ untuk kelompok yg maju. nah siapa yg ingin menanggapi....
Siswa               : ..............................
Guru                : kumpulkan LKS nya. untuk soal yang terakhir kita jawab sama-sama ya..
Siswa               : baik bu...........
(Jawab soal tabel dipapan tulis)
Guru                : baik. Simpan semua bukunya. Kita postes . ibu kasih waktu 7 menit untuk mengerjakannya
Siswa               : baik bu.
Guru                : kumpulkan. Nah dari pembelajarn kita tadi siapa yang dapat menyimpulkan?
Siswa(nadila)  : saya bu, sifat-sifat koloid ada 5 bu, efek tyndall, gerak brown, elektroforesis, adsorpsi, dan koagulasi. Efek Tyndall adalah terhamburnya cahaya oleh partikel koloid. Contohnya : Pada sore hari munculnya warna biru dan jingga 
Siswa(marta)   : Gerak Brown adalah gerakan partikel koloid dengan lintasan lurus dan arah yang acak. Contohnya adalah susu.
Siswa(alqo)     : Adsorpsi adalah peristiwa penyerapan muatan oleh permukaan-permukaan partikel koloid. Contohnya Penjernihan air dengan menggunakan tawas
Siswa(ria)        : Koagulasi adalah peristiwa penggumpalan partikel koloid. Contohnya pengolahan karet dengan lateks. Elektroforesis adalah Peristiwa bergeraknya partikel koloid dalam medan listrik. Contohnya identifikasi DNA.
Guru                : iya benar. Sifat-sifat logam ...............................
                        baik pembelajaran ibu akhiri smpai disini. Mnggu depan kita akan masuk materi yang baru. Tolong dipelajari ya. Baik kita akhiri dggn doa yang dipinpin oleh petugas............ selamat siang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar