Senin, 10 April 2017

Strategi Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer



STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER











Hasil gambar untuk logo upr
DISUSUN OLEH
NAMA                                   :           SENI RUSIANTI
NIM                                       :            ACC 115 049
MATA KULIAH                   :            PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS MIPA
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2017








Pada dasarnya pembelajaran merupakan proses penyampaian informasi atau penambahan kemampuan baru kepada siswa. Oleh karena itu, ketika seorang guru berpikir informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh siswa, maka pada saat yang bersamaan guru juga harus memikirkan strategi apa yang tepat untuk diterapkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai sangat menentukan strategi apa yang akan digunakan. Seorang guru harus benar–benar memahami tujuan pembelajaran sebelum memilih strategi pembelajaran. Jenis-jenis strategi pembelajaran, yaitu : strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman dan strategi pembelajaran mandiri. Berdasarkan jenis-jenis/klasifikasi strategi pembelajaran yang telah dikemukakan di atas, menurut saya bahwa strategi pembelajaran yang cocok diterapkan di sekolah sesuai dengan permasalahan yang ada adalah strategi pembelajaran interaktif, karena melalui strategi ini pembelajaran di kelas terkesan lebih hidup karena adanya hubungan saling berbagi antar siswa maupun guru. Oleh karena itu untuk selanjutnya penulis hanya akan memfokuskan pada kajian teori tentang strategi pembelajaran interaktif (interactive instruction).
Pembelajaran berbasis komputer siswa akan berinteraksi dan berhadapan langsung dengan komputer secara individual sehingga apa yang dialami oleh seorang siswa akan berbeda dengan apa yang dialami oleh siswa lain. Salah satu ciri yang paling menarik dari pembelajaran berbasis komputer terletak pada kemampuan berinteraksi secara langsung dengan siswa. Dalam aktivitas pembelajaran, media dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik. Macam-macam media dapat dibagi menjadi 3, berdasarkan sifatnya, kemampuan jangkauannya, dan berdasarkan cara atau teknik pemakaiannya. Fungsi pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Pembelajaran berbasis komputer sangat menunjang dalam penerapan kurikulum, membantu upaya meningkatkan minat belajar siswa, dan menjadi pelengkap sumber belajar. Kehadiran teknologi komputer dalam pembelajaran hanya bertindak sebagai pelengkap, melainkan sebagai tambahan atau alat bantu bagi guru. Komputer tidak akan mengambil alih peran dan fungsi guru, karena ada hal yang tidak dapat digantikan oleh komputer. Komputer hanya sebagai pilihan dalam menyampaikan informasi kepada siswa untuk menciptakan suasana belajar mandiri yang menyenangkan. Bila akan menerapakan pembelajaran berbasis komputer ada tiga model yang dapat dipilih diantaranya model selektif, model sekuensial, dan model laboratorium. Kesemuanya itu tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah.
Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet.Demikianlah hasil kajian strategi pembelajaran kimia berbasis komputer . sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar