STRATEGI
PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER
DISUSUN
OLEH
NAMA : SENI RUSIANTI
NIM : ACC 115 049
MATA KULIAH : PEMBELAJARAN
KIMIA BERBASIS KOMPUTER
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN KIMIA
FAKULTAS
MIPA
UNIVERSITAS
PALANGKARAYA
2017
Pada
dasarnya pembelajaran merupakan proses penyampaian informasi atau penambahan
kemampuan baru kepada siswa. Oleh karena itu, ketika seorang guru berpikir
informasi dan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh siswa, maka pada saat yang
bersamaan guru juga harus memikirkan strategi apa yang tepat untuk diterapkan
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
sangat menentukan strategi apa yang akan digunakan. Seorang guru harus
benar–benar memahami tujuan pembelajaran sebelum memilih strategi pembelajaran.
Jenis-jenis strategi pembelajaran, yaitu : strategi
pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi
pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman dan strategi
pembelajaran mandiri. Berdasarkan jenis-jenis/klasifikasi strategi pembelajaran
yang telah dikemukakan di atas, menurut saya bahwa strategi pembelajaran yang
cocok diterapkan di sekolah sesuai dengan permasalahan yang ada adalah strategi
pembelajaran interaktif, karena melalui strategi ini pembelajaran di kelas
terkesan lebih hidup karena adanya hubungan saling berbagi antar siswa maupun
guru. Oleh karena itu untuk selanjutnya penulis hanya akan memfokuskan pada
kajian teori tentang strategi pembelajaran interaktif (interactive
instruction).
Pembelajaran berbasis komputer siswa akan berinteraksi dan
berhadapan langsung dengan komputer secara individual sehingga apa yang dialami
oleh seorang siswa akan berbeda dengan apa yang dialami oleh siswa lain. Salah
satu ciri yang paling menarik dari pembelajaran berbasis komputer terletak pada
kemampuan berinteraksi secara langsung dengan siswa.
Dalam aktivitas pembelajaran, media dapat didefinisikan
sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi
yang berlangsung antara pendidik dengan peserta didik. Macam-macam media dapat
dibagi menjadi 3, berdasarkan sifatnya, kemampuan jangkauannya, dan berdasarkan
cara atau teknik pemakaiannya. Fungsi pemakaian media pembelajaran dalam proses
belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Pembelajaran berbasis komputer
sangat menunjang dalam penerapan kurikulum, membantu upaya meningkatkan minat
belajar siswa, dan menjadi pelengkap sumber belajar. Kehadiran teknologi
komputer dalam pembelajaran hanya bertindak sebagai pelengkap, melainkan
sebagai tambahan atau alat bantu bagi guru. Komputer tidak akan mengambil alih
peran dan fungsi guru, karena ada hal yang tidak dapat digantikan oleh
komputer. Komputer hanya sebagai pilihan dalam menyampaikan informasi kepada
siswa untuk menciptakan suasana belajar mandiri yang menyenangkan. Bila akan
menerapakan pembelajaran berbasis komputer ada tiga model yang dapat dipilih diantaranya
model selektif, model sekuensial, dan model laboratorium. Kesemuanya itu
tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah.
Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena
memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran
lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan
mahasiswa. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di
sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana
interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh
komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya.
Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam
penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat
modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet.Demikianlah
hasil kajian strategi pembelajaran kimia berbasis komputer . sekian dan
terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar